Pages

Minggu, 25 September 2011

Hachiko

Hachiko Faithfull Dog

Hachiko:
Akita Yang Menjadi Lambang Kesetiaan

Kisah tentang seekor anjing yang dikenal oleh hampir semua orang di Jepang adalah Hachiko, Akita Inu. Ini adalah kisah nyata sebagian besar anjing terkenal dari semua cerita dan telah menjadi semacam legenda modern, diteruskan dari satu generasi ke generasi dan juga dimuat dalam buku, film, dan drama televisi.

Tidak hanya menunjukkan ikatan yang mendalam dapat dibentuk antara manusia dan anjing, tapi menunjukkan esensi dari temperamen anjing yang Jepang: kesetiaan dan pengabdian. Legenda Matahachi tetap menarik di hati sanubari dari orang Jepang sampai dengan hari ini.

Peristiwa mulai kira-kira delapan puluh tahun yang lalu, pada awal 1920-an, ketika Eisaburo Ueno, profesor di Departemen Pertanian di Universitas Kekaisaran (sekarang Universitas Tokyo) dan penduduk Shibuya, pusat barat Tokyo, menjadi pemilik seekor anjing Akita Inu.

Anjing berasal dari Odate di Prefektur Akita, Lahir di akhir bulan November, (tanggal tepatnya belum jelas) pada tahun 1923, anjing diberikan kepada Profesor Ueno pada 10 Januari tahun berikutnya. Anak anjing tumbuh menjadi besar, tinggi 64 cm (sekitar 25 inci), berat 41 kilogram (90 pon), dengan sabit ekor yang melengkung ke kiri dan cahaya kuning mantel bulu.


shibuya station
Hachiko menemani Profesor Ueno dengan sangat baik, dan ketika profesor berangkat ke Stasiun Shibuya di pagi hari, sekitar pukul sembilan, baik untuk pergi ke Departemen Pertanian di Imperial University atau Departemen Pertanian dan Kehutanan laboratorium di Nishigahara, Hachiko selalu pergi bersamanya. Setelah melihat tuannya turun di stasiun, Hachiko akan kembali ke rumah, dan kemudian di malam hari sekitar jam enam sore ia akan berangkat lagi ke Stasiun Shibuya dan menunggu tuannya muncul pada gerbang tiket, ini menjadi rutinitas Hachiko sehari-hari.

Melihat mereka berdua berangkat ke stasiun dan pulang bersama-sama di malam hari membuat kesan yang mendalam pada semua orang yang lewat. Namun, hidup bahagia Hachiko sebagai hewan peliharaan Profesor Ueno dipotong oleh peristiwa yang sangat menyedihkan, hanya satu tahun dan empat bulan kemudian, pada 21 May 1925, Profesor Ueno menderita stroke selama pertemuan fakultas dan meninggal.

Cerita berlanjut bahwa pada malam, Hachiko, yang berada di taman, menembus pintu kaca ke dalam rumah dan berjalan ke ruang tamu tempat mayat itu diletakkan, dan menghabiskan malam berbaring di samping dekat tuannya, menolak untuk bergerak.

Yang lain menceritakan, ketika tiba saatnya untuk menempatkan berbagai objek terutama yang dicintai oleh orang yang meninggal di dalam peti mati, Hachiko melompat ke dalam dan mencoba menolak semua usaha untuk menghapus dirinya.

Tetapi setelah itu benar-benar bagian yang menyedihkan dari cerita dimulai..

Setelah tuannya meninggal, Hachiko dikirim untuk tinggal bersama kerabat Profesor Ueno's yang tinggal di Asakusa, sebelah timur Tokyo. Tapi dia lari berulang-ulang dan kembali ke rumah di Shibuya, ketika setahun telah berlalu dan ia masih belum menempati rumah yang baru. Ia diberikan kepada mantan tukang kebun Profesor Ueno, yang telah mengenalnya sejak ia masih kecil.

Tapi Hachiko lari dari rumah ini berulang kali . .

Menyadari bahwa mantan majikan tidak lagi tinggal di rumah tua di Shibuya, Hachiko pergi setiap hari ke Stasiun Shibuya dengan cara yang sama seperti yang selalu dilakukannya, dan menunggu dia pulang. Setiap hari ia akan pergi dan mencari sosok Profesor Ueno di antara komuter yang kembali, meninggalkan tempat hanya ketika lapar memaksanya.

Dan ia melakukannya hari demi hari, tahun demi tahun . .


hachiko always be remembered
Hachiko akhirnya mulai diperhatikan oleh orang-orang ketika ia muncul setiap hari di Shibuya Station. Tetapi yang terutama membuatnya terkenal adalah kisah bahwa seseorang yang dikirim untuk Asahi Shinbun, salah satu surat kabar utama, yang diterbitkan pada bulan September 1932, Penulis sudah tertarik pada Hachiko selama beberapa waktu, dan sudah mengirim foto-foto dan rincian ke sebuah Journal yang khusus tentang anjing dalam bahasa Jepang.

Hachiko juga muncul dalam sebuah ensiklopedia anjing yang diterbitkan di luar negeri. Namun, ketika surat kabar nasional besar mengambil cerita Hachiko, seluruh rakyat Jepang harus tahu tentang dia, kemudian Hachiko menjadi semacam selebriti. Ia diundang beberapa kali untuk muncul sebagai bintang tamu pada pameran anjing di Nippo, patung-patung dan gambar kartu pos mulai dibuat dari gambarnya.

21 April,1934, sebuah patung perunggu Hachiko oleh pematung Ando Tern didirikan di depan tiket gerbang Stasiun Shibuya, dengan sebuah puisi yang terukir pada sebuah plakat berjudul "Jalur ke Anjing yang Setia".

Upacara pembukaan disaksikan sendiri oleh Hachiko dan cucu dari Profesor Ueno yang hadir bersama kerumunan orang yang cukup menyebabkan keterlambatan dalam proses. Sayangnya, patung pertama ini dihapus dan dilelehkan untuk persenjataan selama Perang Dunia II, pada bulan April 1944. Namun, pada tahun 1948 replika dibuat oleh Takeshi Ando, putra asli pematung, dan dipulihkan pada 15 Agustus. Ini adalah patung yang masih berdiri saat ini di Shibuya Station adalah sangat terkenal dan tempat pertemuan populer.

Tiba-tiba ketenaran membuat sedikit perbedaan bagi hidupnya, namun yang terus berlanjut yang persis sama cara seperti sebelumnya. Setiap hari ia berangkat ke Stasiun Shibuya dan menunggu di sana untuk Profesor Ueno pulang. Pada 1929 Hachiko mendapatkan sebuah kasus kudis yang parah, yang hampir membunuhnya. Karena tahun-tahun yang dihabiskan di jalan, ia kurus dan mengalami luka-luka dalam pertempuran dari perkelahian dengan anjing lain. Salah satu telinganya tidak lagi berdiri tegak, dan ia sama sekali sosok yang malang, tidak mempunyai kebanggaan sebagaimana makhluk yang kuat seperti dulu. Dia bisa saja keliru untuk seekor anjing tua.

Hachiko yang menjadi tua, dia menjadi sangat lemah dan menderita. Akhirnya, pada usia tiga belas, pada awal dari 8 Maret 1935, ia menghembuskan napas terakhir di sebuah jalan Shibuya

Panjang total waktu dia telah menunggu, merindukan tuannya, 9 tahun dan 10 bulan.

Kematian Hachiko membuat halaman depan utama surat kabar Jepang, dan banyak orang patah hati mendengar berita tersebut. Tulang-tulangnya terkubur di sudut pemakaman Profesor Ueno, sehingga ia akhirnya bertemu kembali dengan tuannya untuk siapa ia telah merindukannya selama bertahun-tahun. Mantelnya dilestarikan, dan sosok boneka Hachiko masih dapat terlihat di National Science Museum di Ueno.

Kisah Hachiko menjadi terukir dalam hati orang Jepang, dan tentu saja yang paling menyentuh cerita tentang ikatan yang kuat antara anjing dan tuannya dan pengabdian yang tak terbatas . .

Support by admins:

Penghargaan dan apresiasi yang tinggi bagi warga jepang yang telah memperlakukan Hachiko dengan baik, maupun yang pernah memperlakukan Hachiko dengan tidak baik pada masa hidupnya, semua itu telah turut membantu Hachiko dalam mengukir, memahat dan menempa Hachiko menjadi lebih baik dan kuat sampai kepada hari terahir menjelang kepergiannya ....

Pada masanya halaman ini akan mati dengan sendirinya, sebaliknya bagi Hachiko telah lahir kembali dari kematiannya, sepanjang masa tidak akan pernah mati dan selalu dikenang.

November 10, 1923 March 8, 1935
Hachiko 9 years
have been waiting..
Hachiko 9 years have been waiting
he became very weak ..and suffered
hachiko very weak
Hachiko an endless waiting
Hachiko an endless waiting
Hachiko passed away
hachiko passed away
gone but not forgotten

Tidak ada komentar:

Posting Komentar